Selasa, Agustus 31, 2010

Gunung Berapi Sinabung Tewaskan 2 orang

2 orang meninggal setelah Gunung Berapi Sinabung meletus lagi, Sumatera Utara, Indonesia

sumber:

http://edition.cnn.com/2010/WORLD/asiapcf/08/30/indonesia.volcano.toll/#fbid=QKV6B8RybF9&wom=false

http://beritauptodate.com/nasional/letusan-sinabung-tewaskan-satu-orang.html

29 Agustus 2010, dua orang telah meninggal dan lebih dari 3000 dipindahkan (diungsikan) saat gunung sebuah berapi yang sudah lama tidak aktif meletus lagi pada hari Senin, ofisial (pejabat/pegawai yang berwenang) mengatakan.


Gunung Sinabung, yang sudah tidak aktif selama lebih dari 400 tahun sebelumnya meletus pada Minggu pagi sekali, meletus lagi selama lebih dari 6 jam pada hari Senin, menyemburkan asap lebih dari 3 mil ke udara. Suar gaduh membawa getaran ke desa didekatnya, di mana ofisial berkata beberapa penduduk panik.


Guunung Sinabung, yang sudah tidak aktif selama lebih dari 400 tahun sebelumnya meletus pada Minggu pagi sekali, meletus lagi selama lebih dari 6 jam pada hari Senin, menyemburkan asap lebih dari 3 mil ke udara. Suar gaduh membawa getaran ke desa didekatnya, di mana ofisial berkata beberapa penduduk panic.


“Letusan sekarang telah berhenti. Kita mempunyai makanan dan minuman yang cukup di sini, tapi kita butuh banyak masker gas,” kata Johnson Tarigan, seorang juru bicara untuk wilayah Karo.


Sebagian kecil penerbangan domestik (dalam negeri) tertunda karena debu vulkanik, tapi sebagian besar penerbangan tidak terpengaruhi, karena penerbangan-penerbangan besar itu dapat terbang dengan mudah di atas asap, kata Bambang Ervan dari Department Perhubungan Indonesia.


Dua orang meninggal dilaporkan Senin setelah letusan kedua.


“Dua orang meninggal karena serangan jantung dan komplikasi pernapasan,” kata Priyadi Kardono dari Badan Koordinasi Bencana Nasional. “Kami telah mengirim makanan dan masker gas untuk menentramkan orang-orang yang diungsikan.”


Setelah letusan, material vulkanik yang berpijar muntah keluar dari gunung yang lama tidak aktif dan dapat dilihat sejauh 10 km (10,2 mil), ofisial karyawan Antara news melaporkan.


Pejabat yang berwenang mengkhawatirkan letusan berlanjut, asap naik sampai 2.000 meter (6.561 kaki) tingginya – dapat mengganggu penerbangan. Tetapi dekat Bandara Internasional Polonia masih beroperasi normal pada hari Senin.


Gunung berapi meletus setelah 12:15 a.m. Minggu (1:15 p.m. ET Sabtu), karyawan ofisial Antara news melaporkan.


Pada hari Sabtu, Pusat Mitigasi Bencana Goelogi dan Vulkanologi memberitakan suatu peringatan dan mengatur evakuasi dengan radius 6 km (3,7 mil) sekitar gunung berapi. Peneliti yang sedang mempelajari gunung berapi, telah yakin tidak aktif sebelum letusan pada hari Minggu.


Gunung Sinabung yang memiliki ketinggian 2.460 meter di atas permukaan laut itu mulai menunjukkan aktivitas dengan mengeluarkan asap hitam pada hari Sabtu (28 Agustus 2010) pagi.

0 komentar: