Rabu, November 30, 2011

Artikel jarum kompas dari http://www.newton.dep.anl.gov/

Sebuah jarum kompas merupakan sebuah magnet, dan cendrung menunjukkan “kutub utara” dari planet, mengapa? Karena Bumi juga merupakan sebuah magnet, bumi berisikan suatu inti besi padat dan sehingga mengeluarkan suatu medan magnet. Untuk menyelidiki ini, ambil dua batang magnet, dan sebuah kompas. Perjatikan, kompas itu menunjukkan utara. Sekarang ambil satu dari dua batang magnet dan dengan perlahan pindahkan satu batang magnet tersebut mendekati kompas. Kita akan melihat jarum kompas mengikuti magnet. Karena magnet batang dekat, jarum kompas merasakan daya tarik dari magnet batang lebih kuat dari daya tarik bumi. Sekarang jauhkan magnet batang tadi dan lihat jarum menunjukkan arah utara lagi.

Letakkan kompas di samping dan mainkan dua batang magnet. Perhatikan bahwa ketika kita mendekatkan dua kutub yang sama pada dua batang magnet (Utara-Utara atau Selatan-Selatan) kita mendapatkan suatu hasil yang berbeda dibanding jika kita mendekatkan dua kutub yang berbeda pada dua batang magnet (Utara-Selatan atau Selatan-Utara). Sekarang coba letakkan satu magnet di meja. Ambil magnet yang lain dan gunakan untuk menggerakkan magnet pertama (yang diletakkan di atas meja) dengan cara yang sama kita menggerakan jarum kompas, dengan melambaikan/melayangkan magnet didekatnya dan menggunakan kekuatan magnetik untuk menggerakkan jarum kompas tanpa kedua magnet bersentuhan satu dengan yang lain (kita butuh magnet yang bagus, punya kekuatan magnetik yang cukup besar)

sumber: http://www.newton.dep.anl.gov/askasci/gen99/gen99029.htm

mohon maaf kalau ada salah terjemahan, ditunggu masukannya, terima kasih...

ingin dapat update dari artikel menarik lainnya? silakan Join Group facebook sahabat-informasi.com dan Like Fanpage sahabat informasi dengan dengan account facebook kamu

silakan download file .doc dari postingan ini di sini

0 komentar: