Jumat, Maret 09, 2012

Sejarah Hassanal Bolkiah Trophy

Apakah Hassanal Bolkiah Trophy itu?

Hassanal Bolkiah Trophy adalah kejuaraan atau turnamen sepak bola yang diperuntukkan bagi para pemain muda negara-negara anggota ASEAN.




Ide turnamen ini pertama kali dihembuskan oleh Sultan Brunei, Sultan Haji Hassanal Bolkiah Mu'izzaddin Waddaullah pada tanggal 27 Agustus 1997 ketika berkunjung ke Institut Diplomasi dan Hubungan Internasional, Kuala Lumpur, Malaysia. Turnamen ini pertama kali dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus 2002.

Turnamen Hassanal Bolkiah Trophy sudah dilaksanakan sebanyak 4 kali yaitu:

Turnamen Hassanal Bolkiah Trophy Edisi I:
Turnamen Hassanal Bolkiah Trophy yang pertama dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus - 26 Agustus 2002. Juara Turnamen Hassanal Bolkiah Trophy ke-1 (tahun 2002) adalah Indoensia dan Runner-Up Turnamen Hassanal Bolkiah Trophy ke-1 adalah Thailand. Indonesia keluar sebagai juara setelah menaklukkan Thailand dengan skor 2-0.

Turnamen Hassanal Bolkiah Trophy II:
Turnamen Hassanal Bolkiah Trophy yang kedua dilaksanakan pada tanggal 13 Maret -25 Maret 2005. Juara Turnamen Hassanal Bolkiah Trophy ke-2 (tahun 2005) adalah Thailand dan Runner-Up Turnamen Hassanal Bolkiah Trophy ke-2 adalah Myanmar. Thailand keluar sebagai juara setelah mengalahkan Myanmar dengan skor 3-0.

Turnamen Hassanal Bolkiah Trophy III:
Turnamen Hassanal Bolkiah Trophy yang ketiga dilaksanakan pada tanggal 3 Maret- 12 Maret 2007. Juara Turnamen Hassanal Bolkiah Trophy ke-3 (tahun 2007) adalah Thailand dan Runner-Up Turnamen Hassanal Bolkiah Trophy ke-2 adalah Myanmar. Thailand dan Myanmar harus melakukan adu pinalti untuk menentukan juara. Thailand akhirnya menang dengan skor 5-4.

Turnamen Hassanal Bolkiah Trophy IV:
Seharusnya dilaksanakan pada tahun 2009 namun pada saat itu Brunei sedang mendapat sanksi FIFA tidak boleh melakukan pertandingan internasional dan tidak boleh menjadi tuan rumah pertandingan internasional. Sanksi dicabut pada 30 Mei 2011. Jadi Turnamen Hassanal Bolkiah Trophy yang keempat dilaksanakan pada tanggal 3 24 Februari - 9 Maret 2012 di Brunei Darussalam. Juara Turnamen Hassanal Bolkiah Trophy ke-4 (tahun 2012) adalah Brunei Darussalam dan Runner-Up Turnamen Hassanal Bolkiah Trophy ke-2 adalah Indonesia. Brunei Darussalam keluar sebagai juara setelah mengalahkan Indonesia dengan skor 2-0.

Sumber: http://fabrie.blogspot.com

ingin dapat update artikel menarik lainnya? silakan Join Group facebook sahabat-informasi.com dan Like Fanpage sahabat-informasi.com dengan account facebook kamu,

0 komentar: