Minggu, Desember 15, 2013

Mengenal Fungsi Serial.begin() di Arduino

Sebelumnya kita harus tahu dulu apa itu komunikasi serial, cari-cari di google nyangkutnya di http://desylvia.wordpress.com/, diketahui bahwa komunikasi serial dapat dianalogikan dengan sebagai perjalanan semut memasuki lubang di tanah. Semut-semut itu berbaris teratur dan memasuki lubang di tanah satu-persatu. Semut-semut adalah data dalam bit, sedangkan lubang di tanah adalah sebuah register yang menampung bit-bit yang terkirim. Pada intinya, proses pengiriman data pada komunikasi serial dikirim satu-persatu.

Oke, sekarang kita mulai lagi mempelajari sketch Arduino, pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari fungsi Serial.begin()

Serial.begin() berfungsi untuk menyetting kecepatan data dalam bits per second (baud) untuk penyampaian data serial. Untuk komunikasi dengan komputer atau PC, gunakan salah satu dari kecepatan ini: 300, 1200, 2400, 4800, 9600, 14400, 19200, 28800, 34800, 57600, atau 115200. Kita dapat, bagaimanapun menetapkan kecepatan lainnya, contohnya, untuk komunikasi melalui pin 0 dan 1 dengan sebuah komponen yang mengharuskan sebuah baud rate khusus.

Contoh sketch (dilengkapi dengan keterangan):

void setup() {
  Serial.begin(9600); // membuka serial port, mensetting kecepatan data ke 9600 bps
}

void loop() {}


Kita dapat menulis sketchnya tanpa pakai keterangan:

void setup() {
  Serial.begin(9600);
}

void loop() {}


Kita akan mulai prakteknya:
  1. Sambungkan Arduinonya ke PC,
  2. Verify kode sketchnya,
  3. Setelah sukses diverify, silakan upload sketch
  4. Setelah selesai diupload coba buka Serial Monitor (Tools > Serial Monitor / Ctrl+Shift+M / Klik icon Serial Monitor yang terletak paling kanan),
  5. Silahkan pilih terserah baudratenya (sesuai dengan baud rate pada kode sketch yang telah diketikkan tadi, pilih pada bagian kanan bawah dari jendela Serial Monitor),
  6. Coba ketikkan suatu karakter (misalnya tulisan Test)
  7. Klik Send atau tekan tombol Enter,
  8. Saat mengklik Send atau menekan tombol Enter, perhatikan lampu RX (Receive) pada board Arduino akan berkedip, prediksi sementara sih, itu menandakan bahwa board Arduino telah diterimanya data yang kita ketikkan di PC melalui Serial Monitor, berarti telah terjadi komunikasi antara PC dengan board Arduino.

Sumber:
http://arduino.cc/en/Serial/Begin

0 komentar: