Jumat, Desember 13, 2013

Mengenal Fungsi Serial di Arduino

Serial
Digunakan untuk komunikasi antara board Arduino dan komputer atau perangkat lainnya. Semua board Arduino mempunyai setidaknya satu serial port (dikenal juga dengan UART atau USART): Serial.

UART atau Universal Asynchronous Receiver-Transmitter adalah bagian perangkat keras komputer yang menerjemahkan antara bit-bit paralel data dan bit-bit serial

Serial berkomunikasi pada pin digital 0 (RX):Receive/yang menerima dan 1 (TX):Transmit/yang mengirim dengan komputer melalui USB. Demikian, jika kita menggunakan fungsi ini, kita juga tidak dapat menggunakan pin 0 dan pin 1 untuk input atau putput digital.

Kita dapat menggunakan fitur-fitur Arduino dalam membangun serial monitor untuk berkomunikasi dengan board Arduino. Klik tombol serial monitor pada toolbar dan pilih baud rate yang sama yang digunakan dalam memanggil begin()

Berikut ini adalah bentuk fisik Arduino Mega:


Arduino mega memiliki tiga tambahan serial port: Serial1 pada pin 19 (RX) dan 18 (TX), Serial2 pada pin 17 (RX) dan 16 (TX), Serial3 pada pin 15 (RX) dan 14 (TX). Untuk menggunakan pin ini untuk berkomunikasi dengan PC, kita membutuhkan tambahan sebuah adaptor USB-to-Serial. Untuk menggunakannya untuk berkomunikasi dengan sebuah perangkat TTL (Transistor-Transistor Logic) serial eksternal, hubungkan pin TX ke pin RX perangkat, pin RX ke pin TX perangkat, dan ground Arduino Mega ke ground perangkat. (Jangan hubungkan secara langsung pin ini dengan sebuah Serial port RS232, karena pin-pin tersebut beroperasi pada tegangan +/- 12 V dan dapat membahayakan board Arduino karena RS232 dapat bekerja pada tegagan -25 V sampai +25 V)

Bentuk fisik serial port RS232:


Sumber:
http://arduino.cc/en/Reference/Serial, http://id.wikipedia.org/wiki/UART

0 komentar: