Jumat, Desember 13, 2013

Mengenal Komunikasi Paralel dan Komunikasi Serial

Komunikasi Paralel
Dalam komunikasi dan ilmu komputer, komunikasi paralel adalah suatu metode penyampaian data beberapa bit secara serentak. Komunikasi paralel berlawanan dengan komunikasi serial, yang menyampaikan hanya satu bit dalam satu waktu, perbedaan ini adalah salah satu sifat/karakteristik sebuah sambungan komunikasi. Perbedaan dasar antara sebuah saluran komunikasi paralel dan serial adalah jumlah konduktor elektris yang digunakan di physical layer (lapisan fisik) untuk menyampaikan bit. Komunikasi paralel berarti lebih dari satu konduktor. Contohnya, sebuah saluran paralel 8-bit akan mengirimkan 8 bit (1 byte) secara serentak, di mana suatu saluran serial akan mengirimkan bit-bit yang sama itu secara berurutan pada suatu waktu. Jika kedua saluran beroperasi pada clock speed yang sama, saluran paralel akan menjadi delapan kali lebih cepat. Sebuah saluran paralel bisa mempunyai konduktor tambahan untuk sinyal lain, seperti sebuah clock signal untuk kecepatan aliran dara, suatu sinyal untuk mengontrol arah aliran data, dan handshaking.

Clock speed adalah ukuran dari seberapa besar kecepatan komputer menyelesaikan perhitungan dasar dan operasi.

Clock signal adalah sinyal yan gmemiliki keadaan 1 (ON) dan o (OFF).

Handshaking adalah proses negosisasi otomatis yang secara dinamis menentukan parameter dalam pembentukan saluran komunikasi antara dua entitas normal sebelum komunikasi melalui saluran dimulai.

Contoh: printer port


Komunikasi Serial
Dalam komunikasi dan ilmu komputer, komunikasi serial adalah proses pengiriman data pada suatu waktu secara berurutan, melalui saluran komunikasi atau bus komputer. Ini berlawanan dengan komunikasi paralel, di mana beberapa bit dikirimkan secara keseluruhan pada beberapa saluran paralel.

Contoh: USB


Kelemahan dari komunikasi paralel adalah half duplex, di mana kabel yang digunakan untuk pengiriman dan penerimaan data adalah kabel yang sama. Bandingkan dengan komunikasi serial yang full duplex, masing-masing pengiriman dan penerimaan data menggunakan 2 kabel yang berbeda, jadi data yang dikirim dan yang diterima tidak akan bentrok.

Satu lagi, kelemahan dari komunikasi paralel adalah memakan tempat lebih banyak dan memiliki kendala sinkron pada frekuensi tinggi

Perbedaan Komunikasi Serial dengan Komunikasi Paralel, kira-kira logikanya seperti gambar berikut... : )

Sumber:
1, 2, 3, 4, 5, 6, 7

0 komentar: