Jumat, September 16, 2016

Contoh Pembahasan Soal Matematika Tentang Persamaan Kuadrat

Seorang petani memiliki kebun berbentuk persegi panjang dengan luas 100 m2. Petani tersebut memasang pagar kawat di sekeliling kebunnya dan di tengah kebun sehingga kebun tersebut terbagi menjadi dua persegi panjang yang memiliki luas yang sama. Jika panjang pagar kawat yang tersedia adalah 55 m, maka panjang dan lebar kebun tersebut adalah ... m.

Pemebahasan:
Pagar kawat yang dipasang di tengah kebun mempunyai dua kemungkinan, kemungkinan pertama adalah membagi dua menurut ukuran panjang kebun, sedangkan kemungkinan kedua adalah membagi dua menurut ukuran lebar kebun.

Asumsi 1
Jika dianggap pagar kawat yang dipasang di tengah kebun membagi dua menurut ukuran panjang kebun:

Dari hasil diambillah nilai panjang 40/3 meter dan lebar 15/2 meter, karena jika diambil nilai panjang 5 meter dan lebar 20 meter, tidak mungkin panjang kebun lebih pendek dari lebar kebun. Jadi panjang kebun adalah 40/3 meter dan lebar kebun adalah 15/2 meter.

Asumsi 2
Jika dianggap pagar kawat yang dipasang di tengah kebun membagi dua menurut ukuran panjang kebun:

Dari hasil diambillah nilai panjang 20 meter dan lebar 1 meter, karena jika diambil nilai panjang 15/2 meter dan lebar 40/3 meter, tidak mungkin panjang kebun lebih pendek dari lebar kebun. Jadi panjang kebun adalah 20 meter dan lebar kebun adalah 5 meter.

Lihat contoh pembahasan soal lainnya di sini

0 komentar: